Pulau Wadden Terbesar dan Paling Bervariasi di Belanda

Texel adalah pulau Belanda terbesar dan paling bervariasi di Laut Wadden. Pulau ini panjangnya sekitar 25 kilometer, lebarnya 15 kilometer dan memiliki sekitar 14.000 jiwa.

Meskipun telah menjadi terkenal di dunia karena jenis khusus domba, pulau ini bergantung pada pariwisata. Diperkirakan 70% dari semua aktivitas di pulau itu terkait dengan pariwisata.

Dari Den Helder, yang terletak 80 kilometer utara Amsterdam, sebuah layanan feri berlayar dalam dua puluh menit ke selatan Texel dan dari sana pulau itu dapat dijelajahi baik dengan mobil, bus, atau sepeda.

Ada 7 desa dan beberapa kota kecil. Kota utamanya adalah Den Burg yang terletak di tengah pulau dan merupakan rumah bagi setengah populasi. Itu juga merupakan pusat perbelanjaan utama pulau. De Koog adalah sebuah desa di pantai barat dan merupakan pusat wisata utama. Hanya 2 garis kecil bukit pasir yang memisahkan pantai dan desa. Di sebelah selatan desa terdapat hutan kecil yang panjangnya sekitar 10 kilometer dan utara desa adalah lanskap bukit pasir yang membentang hingga ke titik utara pulau. Oudeschild, yang terletak di pantai timur, adalah desa Texel terbesar kedua dan merupakan pelabuhan penangkapan ikan dan marina di pulau itu. Dari sini ada beberapa pilihan untuk berlayar melintasi Laut Wadden, pergi memancing udang atau melihat lebih dekat semua anjing laut yang sedang beristirahat di gumuk pasir.

Sama seperti bagian lain Belanda, seluruh pantai barat pulau adalah pantai dan bukit pasir. "Texel Dunes" didirikan sebagai taman nasional dan total 35% pulau dilindungi sebagai cagar alam. Sebagian besar area dapat dikunjungi dengan berjalan kaki atau bersepeda. Ada 130 kilometer jalur sepeda dan ada banyak jalur berkuda melintasi bukit pasir.

Texel dikenal sebagai pulau burung. Lokasi di Laut Wadden, yang merupakan sumber makanan besar, membuatnya sangat menarik bagi banyak burung untuk menggunakannya sebagai perhentian terakhir mereka sebelum menyeberang laut ke Skandinavia. Selama musim kawin, beberapa bagian dari taman nasional ditutup untuk melindungi sarang burung yang kadang langka.

Untuk liburan aktif ada banyak hal yang ditawarkan yaitu bersepeda, bersepeda gunung melalui bukit pasir dan hutan, berkuda dan hiking. Di bandara internasional kecil adalah mungkin untuk terjun payung atau melompat parasut. Beberapa sekolah di pantai menawarkan kursus selancar, kayak laut, dan selancar layang-layang. Berlayar catamaran juga sangat populer di pulau itu dan sekali dalam setahun lomba katamaran terbesar di dunia terjadi ketika lebih dari 600 pelaut bersaing untuk selesai pertama dalam lomba sepanjang 100 kilometer.

author
No Response

Leave a reply "Pulau Wadden Terbesar dan Paling Bervariasi di Belanda"